Alpukat lemak yang hidup

Siapa yang tidak kenal dengan buah Alpukat? namun siapa yang tau bahwa buah alpukat adalah buah yang memiliki lemak hidup.

Asal buah alpukat

Alpukat memiliki nama latin persea americana, tumbuhan ini berasal dari Mexico dan Amerika Tengah dan saat ini banyak di budidayakan di Amerika Selatan dan negara tropis lain nya dan salah satu nya di Indonesia.

Suku aztek adalah suku pertama yang  mengenal buah alpukat, hingga pada saat pasukan spanyol memasuki wilayah mexico pada awal abad ke 16 dan mengenalkan nya kepada orang orang eropa yaitu oleh Martin Frenandez de Enciso, beliau adalah salah seorang pemimpin pasukan spanyol, dan bukan hanya alpukat, namun semua tumbuhan yang tumbuh di daerah tersebut juga turut di kenal oleh nya sekitar tahun 1519. Sejak saat itu buah alpukat menjadi terkenal di seluruh dunia, dan masuk ke Indonesia pada abad 19 yang di bawa oleh pedagang belanda. (sumber. wikipedia)

buah-alpukat-mentega

              Buah Alpukat Mentega

Jenis jenis buah alpukat

Menurut catatan litbang.pertanian.go.id buah alpukat yang telah menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia sampai tahun 2003 terdiri dari 7 jenis :

  1. Alpukat bundar ijo
  2. Alpukat ijo panjang
  3. Alpukat merah bundar
  4. Alpukat merah panjang
  5. Alpukat mega gagauan
  6. Alpukat mega murapi
  7. Alpukat mega paninggahan

Kandungan yang terdapat di dalam buah Alpukat

Meski banyak yang berpikir bahwa alpukat adalah buah yang harus di hindari karena kata nya mengandung kolesterol yang tinggi, ternyata buah alpukat sama sekali tidak mengandung kolesterol, kenapa ? karena segala yang berasal dari tumbuhan tumbuhan hampir tidak ada yang mengandung kolesterol, kecuali kolesterol yang berasal dari sumber hewani. Malahan buah alpukat apabila di konsumsi secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara signifikan.

Kandungan bermanfaat yang terkandung di dalam buah alpukat adalah lemak, serat, vit C, vit B6, vit K, mineral, protein, walaupun buah alpukat memiliki kalori yang cukup tinggi apabila di bandingkan dengan buah lain, di bandingkan dengan makanan olahan yang memiliki kalori yang sama, kalori yang berasal dari buah alpukat dapat membantu menurunkan berat badan.

Memakan buah alpukat yang sudah mateng akan terasa seperti mentega karena tekstur nya yang creamy dan rasa nya yang gurih, hal ini di sebabkan karena kadar lemak yang terdapat di dalam buah alpukat 20 kali lebih tinggi di bandingkan kadar lemak yang terdapat pada buah lain, walaupun kadar lemak nya tinggi buah alpukat sangat cocok untuk mereka yang sedang menjalankan program diet, karena lemak yang terdapat di dalam buah alpukat dapat menggantikan kebutuhan lemak hewani seperti daging pada tubuh kita.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.


  • Klik banner diatas untuk melihat katalog online